Pemikiran Pendidikan Bertrand Russell dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam

Authors

  • Robby Pamungkas UMSU
  • Arwin Juli Rakhmadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Pendidikan, Akal, Kebekuan, Islam, Agama

Abstract

Masalah kebekuan akal di dalam pengajaran agama Islam pada tingkat SMP dan SMA adalah sebuah ironi karena hal ini sangat bertentangan dengan pandangan al-Quran terkait dengan posisi akal di dalam tradisi Islam. Pada banyak ayat, al-Quran selalu menekankan para pembacanya untuk menggunakan akal secara serius. Berangkat dari masalah ini, peneliti menemukan Bertrand Russell dengan pemikirian pendidikan yang cukup solutif untuk masalah kebekuan akal ini dan juga memiliki implikasi yang baik terhadap pendidikan Islam secara umum, terutama pada penggunaan akal di dalam pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan akal di dalam  pemikiran pendidikan Bertrand Russell dan implikasi pemikiran pendidikan beliau terhadap pendidikan Islam, serta solusi apa yang diberikan Bertrand Russell untuk masalah kebekuan akal yang terjadi di dalam pengajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi tokoh. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi yang dilakukan dengan mengkaji literatur yang relevan dengan penelitian ini baik yang bersumber dari sumber-sumber primer maupun sumber-sumber sekunder. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah, seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang valid.

Pemikiran pendidikan Bertrand Russell secara kuat memberikan penekanan kepada penggunaan akal dan secara konsisten berimplikasi kepada tradisi penggunaan akal di dalam Islam, serta cukup solutif untuk menyelesaikan masalah kebekuan akal di dalam pengajaran agama Islam.

 

References

Al-Quran dan Terjemahannya. (2019). Jakarta: LPM Al-Quran Kemenag RI.

Daud, W. M. (1998). The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Kuala Lumpur: ISTAC.

Denonn, R. E. (1961). The Basic Writings of Bertrand Russell. London: George Allen and Unwin Ltd.

Harahap, S. (2014). Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenada.

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Perkembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani.

Rokim, S. (2013). Pendidikan Intelektual Muslim Menurut Muhammad al-Shawkani. Bogor: Marwah Indo Media.

Russell, B. (1923). On Education. London: George Allen and Unwin LTD.

Russell, B. (1923). On Education: Especially in Early Childhood. London: George Allen And Unwin LTD.

Wasehudin. (2018). Akal dalam Perspektif Pendidikan Islam : Telaah Reflektif Filsafat terhadap Ayat-Ayat Al-Quran. AL-QALAM , 7-10.

Wasehudin. (2018). Akal dalam Perspektif Pendidikan Islam: Telaah Reflektif Filsafat Terhadap Ayat-Ayat Al-Quran. AL-QALAM , 7.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Robby Pamungkas, & Rakhmadi, A. J. (2023). Pemikiran Pendidikan Bertrand Russell dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Tsaqila | Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3(2), 82–94. Retrieved from https://aksaqilajurnal.com/index.php/aksaqila/article/view/485

Issue

Section

Articles